struggle for your live

Senin, 08 Desember 2008

Manusia Purba Juga Berdiet



WASHINGTON - Dalam kisah-kisah dongeng seringkali dikisahkan manusia purba memakan manusia lain untuk mempertahankan hidupnya. Tapi apa makanan manusia purba sebenarnya? Perkembangan ilmu kesehatan gigi telah membantu para peneliti untuk mengungkapkan tentang menu makanan sehari-hari manusia purba.

Seperti dilansir Associated Press, Selasa (2/12/2008), peneliti mengungkapkan plak-plak di gigi manusia purba telah memberi petunjuk tentang makanan para manusia purba yang hidup sekira 9200 tahun yang lalu. Peneliti menemukan sisa tanaman kacang-kacangan pada gigi fosil manusia purba yang ditemukan di desa Nanchoc, Peru.

Selain kacang-kacangan, laporan penelitian yang juga dimuat dalam edisi online Proceedings of the National Academy of Sciences itu juga mengungkapkan bila manusia purba mengonsumsi buah-buahan yang sering disebut pacay.

Menurut staf peneliti di Smithsonian Tropical Research Institute, Dolores Piperno, penelitian dilakukan terhadap 39 gigi dari delapan manusia purba yang hidup 5500 hingga 9200 tahun lalu.

"Beberapa gigi terlihat kotor dibandingkan dengan yang lain. Penyebabnya adalah zat tepung dari biji-bijian yang dikonsumsi dan kebanyakan gigi-gigi tersebut memang memuat sisa zat tepung," ujar Piperno.

Gigi-gigi yang lebih kotor mengindikasikan, manusia purba juga telah mengonsumsi makanan yang telah dimasak sebelumnya.

Para peneliti berharap penelitian tentang gigi dan analisis tentang zat tepung yang terdapat pada gigi dapat membantu memperoleh informasi tentang kehidupan manusia purba, seperti perbedaan cara diet antara Neanderthals dengan manusia modern.

posted by cici at 03.25

7 Comments:

Yup ... g juga bingung. Mana dietnya ??? Aneh2 jak aku ni pas. Mudah2an mereka tau cara diet yg sehat itu bagaimana... ^^

8 Desember 2008 pukul 09.00  

HA.... tai gigi beribu tahun2 aja diselidiki. habat ya kok bisa ampe makanan yang dimakan beribu2 tahun para ilmuan tau. trus nama makanan orang purba aja tau, memang masi ada ya makanan org purba yang disebut pacay itu?

8 Desember 2008 pukul 21.49  

wkakakkaka...dpt info ini dr mn l??? ampe kembali ke jaman bahela lg. manx bnran kah da manusai purba yg kyk gt??? jd penasaran jg ne.

10 Desember 2008 pukul 06.13  

wkakakak....dpr info dr mn l??? ampe kmbl ke jaman bahela.hahaha.....

10 Desember 2008 pukul 06.15  

waw..penelitian lagi nih..ttg makhluk purba..makin byk yg diteliti mkn byk jg inffo yg di bukukan bt anak2 sekolah bc..dan dijadikn bhn ajar di skul..

10 Desember 2008 pukul 08.44  

wahh. masa iya sich manusia purba juga bisa diet? hahaha ada2 aja.mungkin aja mereka bukannya mau diet, tapi kekurangan makanan kale tuh. kebetulan makanan yang ada biji2an. ya uda.yang dimakan me biji2an, buah n sejenisnya ou..hehehe (maybe)

13 Desember 2008 pukul 01.36  

Ku rasa mereka bukannya diet, tapi emang lagi ga musim panen.

15 Desember 2008 pukul 12.52  

Posting Komentar

<< Home